ANALISIS ETIKA KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA TINGKAT AKHIR DALAM PROSES PEMBIMBINGAN SKRIPSI

Main Authors: SUSILAWATI, PUTRI, Gushevinalti, Gushevinalti, Verani, Indiarma
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/15858/1/Skripsi%20PDF%20fix.pdf
http://repository.unib.ac.id/15858/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa bagaimana etika komunikasi interpersonal dan kendala yang dihadapi mahasiswa tingkat akhir FISIP dengan dosen pembimbing mereka. Dengan menggunakan teori deontologi dari Carl Mitcham, maka dapat dilihat bagaimana etika komunikasi mahasiswa dalam proses penyusunan skripsi dengan dosen pembimbing. Selain itu pada penelitian untuk mengurangi faktor-faktor yang berpotensi menjadi penyebab terjadinya kendala dalam penyusunan skripsi. Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan sebanyak tiga belas orang informan yaitu dosen FISIP Universitas Bengkulu dan mahasiswa tingkat akhir di FISIP Universitas Bengkulu. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika komunikasi interpersonal mahasiswa tingkat akhir FISIP Universitas Bengkulu pada umumnya adalah baik. Kendala yang dihadapi mahasiswa pada saat proses bimbingan skripsi yaitu adanya rasa takut dan keraguan mahasiswa dalam bersikap kepada dosen pembimbing mereka. Dan dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa mahasiswa hendaknya lebih terbuka terhadap dosen pembimbing, selain itu juga diharapkan juga dari penelitian ini dosen dapat lebih peka terhadap kecemasan yang dialami mahasiswa pada saat bimbingan. Kata Kunci: Mahasiswa, Etika komunikasi, Bimbingan