ANALISIS HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA AN TERHADAP KEPUTUSAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA (KASUS PADA MAHASISWA UNIB)
Main Authors: | ARISANDI, ARISANDI, Darmansyah, Darmansyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15673/1/SKRIPSI%20OK%20ARISANDI.pdf http://repository.unib.ac.id/15673/ |
Daftar Isi:
- ANALISIS HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA (KASUS PADA MAHASISWA UNIB) Oleh Arisandi viii 1 Darmansyah 2 RINGKASAN Penelitian ini dilakukan di Universitas Bengkulu Jalan W.R. Supratman Kandang Limun Kota Bengkulu. Dengan objek yang diteliti adalah mahasiswa Universitas Bengkulu, dengan cara mengisi kuesioner terhadap mahasiswa yang menggunakan produk sepeda motor Honda karena percaya dengan kualitas produk serta harga yang cukup bersaing dibandingkan dengan produk sepeda motor lainnya. Keputusan pembelian menurut Kotler (2003) adalah: pemilihan dari dua atau lebih alternative pilihan pembelian. Menurut Swastha (2003:233) mendefinisikan iklan adalah promosi yang berisi pesan atau penawaran produk melalui media. Harga menurut Stanto (2007) merupakan jumlah semua nilai yang konsumen tukarkan dalam rangka mendapatkan manfaat (dari) memiliki atau menggunakan barang atau jasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan iklan terhadap keputusan pembelian. Untuk mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis maka penulis melakukan penelitian di Universitas Bengkulu, dengan jumlah sampel yang diambil 100 responden. Data yang digunakan yaitu data primer dan data yang dikumpulkan dengan metode studi lapangan, sedangkan dalam pengukuran data, digunakan skala likert 5 point. Kemudian data tersebut dianalisis secara kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda namun sebelumnya dilakukan uji instrument dengan uji Validitas (kesahihan) dan uji Reliabilitas (kehandalan). Dari hasil analisis maka diperoleh Y= 0,211X 1 + 0,205X hipotesis pada penelitian dapat dibuktikan dari pengujian hipotesis, dimana F hitung 17,6354 dengan tingkat kepercayaan 95% atau α = 0,05 diperoleh nilai probabilitas (p) sebesar 0,000 sehingga p<α, maka Ha diterima. Untuk variabel harga diperoleh probabilitas (p) sebesar 0,172 denga t hitung 2 = 1,377 dan untuk variabel iklan probabilitas (p) sebesar 0,142 dengan t hitung > t tabel = 1,29 maka, Ha 1 dan Ha 2 hitung = 1,482 yang berarti p < α dan nilai t diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Variabel harga secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk sepeda motor Honda. Variabel iklan secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada produk sepeda motor Honda. Kata kunci : Harga, Iklan dan Keputusan Pembelian