PENGARUH BRAND IMAGE DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK APPLE DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | SAPUTRA, AFTRIA MEGI, Muhartini, Salim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15672/1/SKRIPSI%20AFTRIA%20MEGI%20SAPUTRA.pdf http://repository.unib.ac.id/15672/ |
Daftar Isi:
- PENGARUHBRAND IMAGE DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK APPLE DI KOTA BENGKULU Aftria Megi Saputra Muhartini Salim iv 1) 2) RINGKASAN Perkembangan teknologi dan telekomunikasi membuat munculnya merek handphone yang sedang berkembang di Indonesia khusus di Bengkulu adalah Apple ( i-phone ), Samsung, Xiomi, Sony Exveria, Oppo, dan Blackberry,serta beberapa handphone buatan China dengan berbagai merek seperti Blueberry, Mitto, K-Touch, Ti-Phone,Evercoss dan lain sebagainya. Saat ini, produk handphone bukan lagi barang mewah dan barang mahal.Dengan berkembangnya merek-merek handphone tersebut, konsumen dapat memilih merek-merek tertentu sesuai dengan selera dan kemampuan finansialnya.Berkembang dan masuknya merek-merek handphonet ersebut menyebabkan perilaku konsumen terhadap produk handphone mengalami perubahan yang signifikan. Dimana hal ini memiliki keterkaitan dengan loyalitas pelanggan serta produk-produk handphone tertentu misalnya produk handphone merek Apple (i-phone),tentu saja menarik untuk dilakukan penelitian.Dengan banyaknya pilihan-pilihan merek handphone saat ini, mengapa para pencinta handphone tetap loyal menggunakan produk Apple tersebut.yang mana tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh CitraMerek (brand image)dan Kepuasan terhadap Loyalitas pelanggan dalam menggunakan produk handphone merek Apple (i-phone).Penelitian ini di lakukan di kota bengkulu di mana dalam penelitian ini responden yang di ambil adalah 70 responden yang hanya menggunakan produk Apple (i-phone). Penelitian ini menggunakan metodeaccidental sampling yang terdiri dari kriteria-kriteria yang di tentukan dan penelitian ini di uji dengan menggunakan hipotesis uji t,dan F dengan hasil penelitian sebagai berikut dimana uji t menggunakan nilai signifikan dengan tinggkat alpha 0,05 sedangkan uji F dapat di ukur dengan nilai signifikansi yang sama yaitu di bawah 0,05 dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa. hasil uji empiris pengaruh antara variabel X (Citra Merek) dan kepuasan X2, menunjukan nilai signifikan 0,000 dan 0,040 yang menunjukan arti bahwa citra merek dan 1 kepuasan memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas dengan menggunakan tingkat alpha 0,05 dimana nilai signifikansi berada di bawah alphanya maka dapat di simpulkan bahwa (H1 dan H2) dapat diterima. Selain itu hasil perhitungan uji F dengan data yang diperoleh dari responden, dimana dari hasil analisis regresi dapat diketahui bahwa secara simultan variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.Hal ini dapat dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 19,307dengan signifikansi sebesar 0,000.Karena nilai signifikansi jauh lebih kecil dari nilai alphanya 0,05 maka model regresi dari hipotesis (H3)dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas pelanggan atau dapat dikatakan bahwa Citra Merek dan Kepuasan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan. Sehingga hipotesis yang menyatakan Citra Merek (BrandImage) dan Kepuasan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dapat diterima. Selain itu hasil Koefisien Determinasi R v 2 memperlihatkan nilai R 2 sebesar 0,366. Nilai R 2 berkisar antara -1 hingga 1, sehingga termasuk mempunyai keeratan yang cukup kuat. Sedangkan nilai koefisien determinasi merupakan nilai koefisien simultan yangberpengaruh antara prediktor terhadap variabel dependen ditunjukan oleh nilai adjusted R square sebesar 36,6% dan variabel-variabel lain bisa dijelaskan oleh variabel cita merek dan kepuasan sisanya sebesar 63,4% yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. *Kata Kunci : Brand Image,Kepuasan Dan Loyalitas