PENGARUH SUASANA DAN PEMASARAN ACARA TERHADAP MINAT BELI PADA KONSUMEN HOTEL SANTIKA BENGKULU

Main Authors: Verdhian, Verdhian, Muhartini, Salim
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/15637/1/SKRIPSI%20VERDHIAN.pdf
http://repository.unib.ac.id/15637/
Daftar Isi:
  • Suasana (atmosphere) dan Pemasaran Acara (event marketing) merupakan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Suasana (atmosphere)adalah suatu strategi dengan melibatkan berbagai atribut atmosphere untukmenarik minat beli konsumen. Atmosphere meliputi berbagai tampilan interiorekterior, layout dan interiorpoint of interest display yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik bagi konsumen dan membangkitkan keinginan membeliSedangkan Pemasaran Acara (event marketing) adalah alat untuk pengalamanpemasaran yang berfokus pada pengalaman konsumen, memperlakukan secaraemosional dan rasional untuk mendorong penggonsumsian, yang menunjukkan adanya pengaruh antara event sebagai promosi terhadap minat beli. Dengandemikian, suasana dan pemasaran acara merupakan strategi pemasaran yang mempengaruhi perilaku konsumen, dalam penelitian ini perilaku konsumen diidentifikasikan sebagai minat beli konsumen yaitu untuk melakukan keputusanmenginap di Hotel Santika Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suasana (atmosphere) terhadap minat beli pada konsumen Hotel Santika Bengkulu, dan untuk mengetahui pengaruh pemasaran acara (event marketing) terhadap minat beli pada konsumen Hotel Santika Bengkulu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen yang sudah pernah menginap dan menikmati event di Hotel Santika Bengkulu, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 178 orang responden. Metode pengambilan sampel pada penilitian ini menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Analisis data menggunakan alat analisis uji regresi berganda dan untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji determinasi dengan hasil R 2 sebesar 93,1% dan uji f dan uji t pada tingkat signifikansi 5%. Selain itu, juga dilakukan uji validitas dan realibilitas. Hasil analisis data menunjukan bahwa instrumen data dalam penelitian ini valid dan reliable. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara suasana (atmosphere) terhadap minat beli pada konsumen Hotel Santika Bengkulu, sehingga semakin baik suasana (atmosphere) maka semakin tinggi minat beli konsumen untuk menginap di Hotel Santika Bengkulu. Terdapat pengaruh yang signifikan pemasaran acara (event marketing) terhadap minat beli pada konsumen Hotel Santika Bengkulu, sehingga semakin baik pemasaran acara (event marketing) maka semakin tinggi minat beli konsumen untuk menginap di Hotel Santika Bengkulu. Artinya variabel Suasana maupun variabel Pemasaran Acara memiliki pengaruh terhadap minat beli pada konsumen Hotel Santika Bengkulu. Sehingga disarankan agar manajemen Hotel Santika Bengkulu untuk terus menerapkan dan meningkatkan strategi Suasana dan Pemasaran Acara untuk dapat meningkatkan minat beli konsumen menginap di Hotel Santika Bengkulu.