PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP RELATIONSHIP INTENTION DENGAN ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pengguna E-commerce Tokopedia di Kota Bengkulu)

Main Authors: Yadaita, Veny, Muhartini, Salim
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/15635/1/SKRIPSI%20VENY%20YADAITA.pdf
http://repository.unib.ac.id/15635/
Daftar Isi:
  • Online ritel merupakan fenomena baru yang tumbuh sangat pesat di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Perkembangan online ritel mengakibatkan persaingan yang ketat di jual beli online atau yang sering disebut e-commerce. Kemajuan ecommerce didukung dengan meningkatnya situs online pada bidang online payment, fullfilment dan logistik yang menjadi tolak ukur perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan berbasis web (e-service quality). Salah satu situs e-commerce yang sedang berkembang di Indonesia yaitu Tokopedia dan berhasil menduduki posisi kedua dari Popularity Brand Index situs E-commerce. Popularitas Tokopedia tentu saja menarik minat konsumen untuk membeli produk dengan menilai kualitas pelayanan yang diberikan baik dari segi visual maupun pemenuhan pemesanan sehingga menimbulakn sikap konsumen untuk menjalin hubungan pada situs Tokopedia.Penelitian ini menganalisa pengaruh e-service quality terhadap relationship intention melalui attitude pada pengguna e-commerce Tokopedia di Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap niat hubungan melalui sikap konsumen dalam konteks ecommerce. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat pengujian hipotesis. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dari 300 responden yang memenuhi kriteria pernah melakukan transaksi pembelian di Tokopedia. Metode analisis yang digunakan adalah regresi termediasi atau mediated regression approach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan e-service quality terhadap relationship intention dimediasi oleh attitude towards online store secara parsial dikarenakan nilai pengaruh langsung e-service quality terhadap relationship intention lebih besar dibandingkan dengan pengaruh tidak langsung e-service quality terhadap relationship intention. Hal tersebut menandakan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan yang diberikan olehsitus Tokopedia baik sehingga berpengaruh terhadap relationship intention konsumen situs Tokopedia dengan attitude sebagai mediasi.