PENGARUH PERSONAL INVOLVEMENT TERHADAP BUYING INTENTION DENGAN PEMEDIASI STORE BRAND FAMILIARITY PADA PRODUK STORE BRAND INDOMARET BENGKULU
Main Authors: | Ul Haq, Ravi, Muhartini, Salim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15615/1/SKRIPSI%20RAVI%20UL%20HAQ%20PDF.pdf http://repository.unib.ac.id/15615/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan perusahaan ritel di Indonesia pada saat ini tergolong pesat, salah satunya adalah Indomaret. Pada saat ini Indomaret sudah memiliki 12.800 gerai yang tersebar diseluruh Indonesia. Salah satu strategi yang digunakan oleh Indomaret adalah dengan menjual produk store brand. Indomaret memiliki lebih dari 20 jenis produk store brand yang berbeda-beda. Produk store brand pada saat ini menjadi lebih populer dalam proses berbelanja, karena kualitas yang menyerupai produk national brand. Semakin populernya produk store brand ini membuat konsumen menjadi terlibat pada proses berbelanja. Penelitian ini menyelidiki bagaimana karakteristik keterlibatan konsumen yaitu fungsional, ekonomis, dan simbolis mempengaruhi familiaritas store brand serta niat pembelian store brand pada saat berbelanja di toko Indomaret Kota Bengkulu. Selanjutnya, penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara keterlibatan personal, familiaritas store brand, dan niat pembelian produk store brand. Responden dari peneltian ini adalah individu-individu yang pernah berbelanja di Indomaret Kota Bengkulu dan individu-individu yang pernah membeli produk store brand Indomaret Kota Bengkulu. 172 responden yang menjadi sampel pada penelitian ini diperoleh menggunakan teknik purposive sampling dan data responden dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner secara langsung. AMOS digunakan untuk menyaring data sementara SmartPLS digunakan untuk menganalisis data. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan tingkat familiaritas store brand berhubungan dengan niat pembelian store brand dan familiaritas store brand memediasi secara parsial antara pengaruh keterlibatan personal dan niat pembelian store brand. Namun, berbeda dengan dugaan sebelumnya, hasil tstatistik keterlibatan fungsional (0,51), ekonomis (1,4), dan simbolis (0,37) terhadap familiaritas store brand yang tidak signifikan, sehingga tidak memiliki pengaruh terhadap familiaritas store brand, sama halnya dengan nilai T-Statistik dari tiga jenis keterlibatan personal yaitu fungsional (0,75), ekonomis (1,06),simbolis (1,6) terhadap niat pembelian store brand juga menunjukkan angka yang tidak signifikan sehingga disimpulkan bahwa tiga jenis keterlibatan personalkonsumen tidak memiliki pengaruh terhadap niat pembelian store brand. Hasil iniberkontribusi pada pemahaman tentang peran karakteristik keterlibatan personalkonsumen dalam kecenderungan pembelian produk store brand.