PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN KUALITAS PENGALAMAN TERHADAP PERSEPSI NILAI (Studi Kasus Pada Pelanggan Aloha Resto Bengkulu)
Main Authors: | Budi Fransisca, Ratna, Muhartini, Salim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15614/1/SKRIPSI%20RATNA%20BUDI%20FRANSISCA.pdf http://repository.unib.ac.id/15614/ |
Daftar Isi:
- Persepsi nilai merupakan penilaian konsumen secara keseluruhan atas apa yang mereka terima dan apa yang mereka korbankan. Dalam proses menilai tersebut pelanggan sangat memperhatikan apa-apa saja yang telah mereka korbankan untuk mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan. Ketika apa yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan apa yang mereka korbankan, maka pelanggan tdak akan merasa puas dan hal ini akan memberikan persepsi nilai yang buruk pada usaha tersebut. Persepsi nilai pelanggan mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan suatu usaha terkhususnya usaha pada bidang kuliner. Semakin baik pelanggan menilai suatu usaha tersebut maka semakin lama usaha tersebut dapat bertahan dan bersaing dengan usaha-usaha lainnya. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana persepsi nilai pelanggan pada Aloha Resto Bengkulu berdasarkan variabel kualitas produk, kualitas layanan, dan kualitas pengalaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh memalui kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung di Aloha Resto Bengkulu sebanyak 198 responden. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan syarat pelanggan yang pernah berkunjung ke Aloha Resto Bengkulu minimal 2 kali kunjungan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan uji hipotesis uji t (parsial), uji f (model regresi), serta analisis determinasi. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu: 1) kualitas produk berpengarpositif dan signifikan terhadap persepsi nilai pelanggan; 2) kualitas layanaberpengaruh positif dan signifikan terhadap perspsi nilai pelanggan; 3) kualipengalaman berpengaruh positif dan signifikan terhadap persesi nilai pelanggSelain itu, ketiga variabel (kualitas produk, kualitas layanan, dan kualipengalaman) memiliki hubungan erat atau keterkaitan erat dengan variapersepsi nilai.