PENGARUH DESAIN PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Bengkulu)
Main Authors: | Gunawan, Indra, Fachri, Eka Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15570/1/Skripsi.pdf http://repository.unib.ac.id/15570/ |
Daftar Isi:
- Kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan antara kinerja produk yang ia rasakan dengan harapannya. Kepuasan konsumen adalah respon terhadap evaluasi ketidak sesuaian atau diskonfirmasi yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja aktual produk yang dirasakan setelah pemakaian. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen kualitas produk, kualitas pelayanan,emosional, harga, dan biaya. Desain produk adalah pioner dan kunci kesuksesan sebuah produk menembus pasar sebagai basic bargain marketing, mendesain sebuah produk berarti membaca sebuah pasar, kemauan mereka, kemampuan mereka, pola pikir mereka serta banyak aspek lain yang akhirnya mesti diterjemahkan dan di aplikasikan dalam perancangan sebuah produk. Harga adalah sejumlah nilai yang dipertukarkan untuk memperoleh suatu produk,harga atau atribut produk dan jasa yang paling sering digunakan oleh sebagian besar konsumen untuk mengevaluasi produk. Citra merek merupakan sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat di benak konsumen. Jadi, citra merek merupakan apa yang konsumen gambarkan dan pikirkan. Konsep merek yang kuat bila dapat dikomunikasikan secara baik kepada pasar sasaran yang tepat akan menghasilkan citra merek yang dapat mencerminkan identitas merek yang jelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh desain produk terhadap kepuasan konsumen sepeda motor Yamaha Mio di kota Bengkulu. (2) Mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen sepeda motor Yamaha Mio di kota Bengkulu (3) Mengetahui pengaruh citra merek terhadap kepuasan konsumen sepeda motor Yamaha Mio di kota Bengkulu. (4) Mengetahui pengaruh desain produk, harga, dan citra merek terhadap kepuasan konsumen sepeda motor Yamaha Mio di kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk memperoleh data pokok yang dibutuhkan dalam penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Bengkulu sebanyak 100 responden orang yang dijadikan sampel. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisa dengan alat analisa Regresi linier berganda, serta dilakukan pengujian dengan menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) Variabel desain produk secara individu (Parsial) mempengaruhi kepuasan konsumen. (2) Variabel harga secara individu (Parsial) mempengaruhi kepuasan konsumen. (3) Variabel citra merek secara individu (Parsial) mempengaruhi kepuasan konsumen. (4) Variabel desain produk, harga, dan citra merek secara bersama-sama (Simultan) mempengaruhi kepuasan konsumen. Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian beberapa saran yang dapat diberikan berkaitan dengan desain produk, harga, citra merek, dan kepuasan konsumen kepada produsen sepeda motor Yamaha Mio adaalah: (1) Sepeda motor Yamaha Mio perlu mengevaluasi desain produk yang lebih menarik agar konsumen bisa memebedakan antara sepeda motor Yamaha Mio dengan sepeda motor lain karena itu masih perlu meningkatkan desain produk yang baik bertujuan untuk meningkatkan penjualan selanjutnya. (2) Produsen sepeda motor Yamaha Mio perlu memperhatikan harga produknya dari harga pesaing agar mampuh bersaing dengan produsen sepeda motor lain. (3) Produsen sepeda motor Yamaha Mio perlu mempertahankan dan meningkatkan reputasi merek yang baik karena citra merek yang baik akan menarik konsumen untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk sepeda motor Yamaha Mio. (4) Produsen sepeda motor Yamaha Mio perlu peningkatan dari segi desain, penetapan harga yang tepat, dan citra merek yang baik dan mampu mempertahankan image prusahan tetap baik dimata konsumen, agar mampuh bertahan terhadap pengaruhpengaruh yang negatif tentang Yamaha Mio dan konsumen akan setia terhadap produk yang akan meningkatkan penjualan yang akan datang.