PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus pada Karyawan Bank BRI Sariah kantor cabang Bengkulu) (Studi Kasus pada Karyawan Bank BRI Sariah kantor cabang Bengkulu)

Main Authors: Putra, Anjas, Praningrum, Praningrum
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/15550/1/PDF%20SKRIPSI%20FULL%20ANJAS%20PUTRA.pdf
http://repository.unib.ac.id/15550/
Daftar Isi:
  • Kinerja berasal dari kata job Performance atau actual performance yang berarti Prestasi kerja atau prestasi yang sesungguhnya yang di capai seseorang. Pengertian kinerja (prestasi kerja) adalah hasil kerja dari kualitas atau kuantitas dari yang di capai pegawai atau karyawan dalam melaksanakan fungsinya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. K o m it me n o rganisasi ialah sik ap k ary aw an y ang te rt arik de ngan t ujuan, nilai dan sasaran o rganisasi y ang dit unjuk an de ngan adany a pe ne rim aan indiv idu at a s nilai dan t uju an o rganisasi se rt a m em ilik i k e inginan unt uk be rafili asi de ngan o rganisasi dan ke se diaan bek e rja k e ras unt uk o rganisasi se hingga m em buat indiv idu be t ah dan t e t ap ingin be rt ahan di o rganisasi t e rse but dem i t e rc apainy a t ujuan dan k elangsungan o rganisasi. Kepuasan kerja adalah sikap umum terhadap pekerjaan seseorang yang menunjukkan perbedaan antara jumlah penghargaan yang diterima pekerja dan jumlah yang mereka yakini seharusnya mereka terima.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh komitmen organisasi dan keppuasan kerja terhadap kinerja karyawan bank BRI Syariah Cabang Bengkulu. (2) Mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan bank BRI Syariah Cabang Bengkulu. (3) Mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan bank BRI Syariah Cabang Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian proporsional sampling, Penelitian ini menggunakan teknik Porposional Random Sampling dengan pertimbangan setiap bagian sampel terambilsecara propotional (berimbang), penghitung proporsi dilakukan dengan cara membagi jumlah total populasi pada tiap area dengan total keseluruhan. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan bang BRI Syariah cabang bengkulu sebanyak 30 responden orang yang diambil.Data yang dikumpulkan kemudian dianalisa dengan alat analisa yaitu; Regresi linier berganda, serta dilakukan pengujian dengan menggunakan uji t dan uji f. Bedasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari persamaan regresi Y = 0,350 X + 0,489. Artinya (1) Nilai koefisien regresi variabel komitmen organisasi (b 1 ) sebesar 0,350 mempunyai makna bahwa, komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja artinya semakin tinggi komitmen organisasi maka kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Bengkulu juga akan meningkat dengan persepsi terhadap komitmen organisasi semakin baik. (2) Nilai koefisien regresi variabel kepuasan kerja (b 1 ) sebesar 0,489 mempunyai makna bahwa, kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja artinya semakin tinggi kepuasan kerja maka kinerja PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Bengkulu juga akan meningkat dengan persepsi terhadap kepuasan kerja semakin baik. 2Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Bengkulu, maka saran yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak perusahaan adalah (1) Bagi pihak perusahaan diharapkan pihak memperluas peluang promosi jabatan reward kepada karyawan yang berkinerja baik atau karyawan yang berhak untuk mendapatkan promosi dan reward jabatan di dalam perusahaan. (2) PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Bengkulu harus mempertahankan dan meningkatkan kinerja karyawan terutama atasan yang berhubungan langsung dengan bawahan sebaiknya harus lebih memperhatikan karyawan yang sering terlambat masuk ke kantor setelah jam istirahat di luar pekerjaan kantor. (3) Bagi pihak perusahaan diharapkan lebih memperhatikan langkah-langkah peningkatkan kinerja agar karyawan dapat mencapai target yang telah ditentukan oleh perusahaan. (4) Dan juga untuk memperbaiki komitmen organisasi karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Bengkulu hendaknya saling menjaga hubungan baik dan kerja sama antar sesama karyawan dalam bekerjasama dalam suatu jenis pekerjaan tertentu yang diberikan pimpinan.