KEPRAKTISAN LEMBAR KERJA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KALKULUS BERDASARKAN TEORI APOS
Main Author: | Hanifah, Hanifah |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15352/1/KEPRAKTISAN%20LEMBAR%20KERJA%20BERBASIS%20MODEL%20PEMBELAJARAN.pdf http://repository.unib.ac.id/15352/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dengan judul Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berdasarkan Teori APOS, telah menghasilkan Model APOS dengan sintak terdiri dari fase: Orientasi, Praktikum, Diskusi Kelompok, Diskusi Kelas, Latihan, dan Evaluasi, dan telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Sejalan dengan pengembangan Model pembelajaran, juga dikembangkan perangkat pendukung berupa Lembar Kerja. Lembar Kerja berbasis Model APOS terdiri dari: Lembar Kerja Praktikum, Lembar Kerja Diskusi Kelompok, Lembar Kerja Diskusi Kelas, dan Lembar Latihan. Salah satu indikator yang dipakai untuk menentukan kepraktisan model APOS adalah dengan melakukan uji coba kepraktisan Lembar Kerja oleh pengguna yaitu mahasiswa dan dosen. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan data kepraktisan Lembar Kerja oleh pengguna adalah dengan menggunakan angket skala Likert. Sampel dari penelitian adalah mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNIB kelas A, dan kelas B yang mengikuti uji coba Model APOS pada matakuliah Kalkulus II TA 2014, serta dosen yang mengampu Kalkulus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Nilai rata-rata kepraktisan Lembar Kerja oleh dosen = 76, 49 % dan termasuk kategori praktis. Nilai rata-rata kepraktisan Lembar Kerja oleh mahasiswa = 76, 63 % dan termasuk kategori praktis.