PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP PERILAKU MEMAAFKAN PADA SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 01 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH
Main Authors: | Rohani, Novia Fauziyah, Pudji, Hartuti, Arsyadani, Mishbahuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15292/1/NOVIA%20SKRIPSI%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/15292/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku memaafkan pada siswa broken home di SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah dalam meningkatkan perilaku memaafkan pada siswa broken home melalui layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre exsperimental design dengan jenis desain one group pre-test and post-test design. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang siswa broken home kelas VII di SMP Negeri 01 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah yang memiliki perilaku memaafkan rendah.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui angket perilaku memaafkan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada peningkatan perilaku memaafkan pada siswa broken home melalui layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji perbedaan dengan nilai Z = -2,023 antara pre-test dan post-test diperoleh p = 0,043, maka p < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perilaku memaafkan pada siswa broken home sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling kelompok. Kata kunci : Perilaku Memaafkan, Siswa Broken Home, Konseling Kelompok.