PENGARUH VIDEO MOTIVASI DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU

Main Authors: Sitorbandolok, Ima Roulina, I Wayan, Dharmayana, Rita, Sinthia
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/15281/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/15281/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video motivasi dalam meningkatkan keterlibatan belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan one group pretest posttest design. Sampel penelitian ini yaitu kelas VII C dengan jumlah 24 siswa. Skala pre test keterlibatan belajar yang disebarkan kepada sampel penelitian terbanyak pada rentang skor 78-82 dengan jumlah 8 orang dengan persentase 33,3% termasuk dalam kategori rendah. Siswa yang memperoleh skor 67-77 dengan jumlah 6 orang dengan persentase 25% termasuk dalam kategori sangat rendah. Setelah diberikan treatment sebanyak 4 kali pertemuan, hasil post test terbanyak pada rentang skor 89-99 dengan jumlah jumlah 10 orang siswa dengan persentase 41,7% termasuk dalam kategori tinggi.Selanjutnya siswa yang memperoleh skor 83-88 dengan jumlah 8 orang dengan persentase 33,3% termasuk dalam kategori sedang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Uji t . Hasil diperoleh dari nilai signifikansi sebesar 0.032 yang berarti p<0.05, H0 ditolak ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan keterlibatan belajar siswa sebelum dan setelah diberikan video motivasi. Kata Kunci : Video Motivasi, Keterlibatan Belajar