EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK INSTRUKSI DIRI DALAM MENURUNKAN STRES AKADEMIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU

Main Author: Ananda, Herviana Varinsca
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/15280/1/Skripsi%20PDF%20OK.pdf
http://repository.unib.ac.id/15280/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok melalui teknik instruksi diri dalam menurunkan stres akademik siswa di SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa dari kelas VII B yang memiliki tingkat stres akademik tinggi dan sangat tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan stres akademik siswa menurun setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri, hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test p = 0.018 maka p < 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan stres akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik instruksi diri. Kata kunci: stres akademik, layanan konseling kelompok, instruksi diri.