EFEKTIVITAS STRATEGI REFRAMING DALAM KONSELING KELOMPOK UNTUK MEMBANTU MEREDUKSI RASA TAKUT SISWA KEPADA GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH
Main Authors: | Suciati, Aprillia Dewi, I Wayan, Dharmayana, Afifatus, Sholihah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Lainnya |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15222/1/SKRIPSI%20APRILLIA%20DEWI%20SUCIATI.pdf http://repository.unib.ac.id/15222/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi rasa takut siswa kepada guru bimbingan konseling serta mendeskripsikan efektivitas strategi reframing dalam konseling kelompok untuk membantu mereduksi rasa takut siswa kepada guru bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre test post test. Subyek dari penelitian ini berjumlah lima orang siswa yang dipilih dengan purposive proportional sampling yang memiliki skor tertinggi angket rasa takut terhadap guru bimbingan konseling. Hasil analisis menunjukkan bahwa rasa takut siswa kepada guru bimbingan konseling menurun setelah diberikan konseling kelompok dengan menggunakan strategi reframing, dapat dilihat dari hasil pengolahan data dengan uji perbedaan dengan nilai z = -2.041, p = 0.041 maka p < 0.05, sehingga ditolak dan diterima. Ini berarti strategi reframing dalam konseling kelompok efektif mereduksi rasa takut siswa kepada guru bimbingan konseling. Kata kunci: Strategi Reframing, Rasa Takut Siswa Kepada Guru Bimbingan Konseling