Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) Berbantu E-Media pada Matakuliah Elektronika Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa

Main Author: Sutarno, Sutarno
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP Universitas Bengkulu
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1521/1/7-Exacta%20Juni%202009.pdf
http://repository.unib.ac.id/1521/
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap mahasiswa semester tiga pada Program Studi Pendidikan Fisika di salah satu universitas di Kota Bengkulu Tahun Akademik 2008/2009 dengan tujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar melalui model pembelajaran CLIS berbantu E-media. Pengumpulan data dilakukan menggunakaan tes dan lembar observasi. Hasil observasi memperlihatkan skor aktifitas mahasiswa pada siklus I sebesar 28 (kategori cukup), siklus II sebesar 32 (kategori baik) dan siklus III sebesar 42 (kategori baik). Hasil belajar mahasiswa pada siklus I memperlihatkan nilai rata-rata kelas 67,3, daya serap 67,3% dan ketuntasan belajar 62,2%, pada siklus II nilai rata-rata kelas 71,9, daya serap 71,9% dan ketuntasan belajar 86,5%, dan pada siklus III nilai rata-rata kelas 74,1, daya serap 74,1%, dan ketuntasan belajar 94,6%. Berdasarkan data penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran CLIS berbantu E-Media dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar.