PENERAPAN METODE ALPHA-BETA PRUNING PADA APLIKASI GAME FOUR IN ROW (FIR) BERBASIS DESKTOP

Main Authors: SAPUTRA, ADI, Boko, Susilo, Funny, Farady Coastera
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/15159/1/SKRIPSI_G1A011042_ADI_SAPUTRA.pdf
http://repository.unib.ac.id/15159/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi Game Four In Row (FIR) dengan mengimplementasikan metode Alpha Beta Pruning berbasis desktop. Metode Alpha Beta Pruning adalah salah satu metode pencarian untuk mencari solusi terbaik yang berbasis Dept First Search (DFS). Metode Alpha Beta Pruning akan mengurangi jumlah simpul yang dieksplorasi jika nilai beta tidak lebih baik dari nilai alpha sekarang, sehingga waktu pencarian akan lebih cepat. Aplikasi Game Four In Row (FIR) ini mendukung multiplayer tanpa menggunakan jaringan. Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun aplikasi ini yaitu metode waterfall. Sedangkan pada tahap analisa dan perancangan sistem dilakukan mengunakan Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya aplikasi Game Four In Row (FIR) dengan mengimplementasikan metode Alpha Beta Pruning.