PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 1 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH
Main Authors: | Nensi, Ayu Putri, Susetyo, Susetyo, Suhartono, Suhartono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/15090/1/SKRIPSI%20PUTRI%20AYU.pdf http://repository.unib.ac.id/15090/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur melalui model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pondok Kelapa yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penilaian yang digunakan adalah pengamatan dan tes. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri atas (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture di kelas VIII C SMP Negeri 1 Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami persentase ketuntasan belajar pun mengalami peningkatan menjadi 90,00%. Pada siklus II, kemampuan siswa menulis teks prosedur telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Maka bisa dikatakan bahwa kemampuan siswa menulis teks prosedur dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture. Kata kunci: Peningkatan, kemampuan menulis, teks prosedur, model pembelajaran Picture and Picture