REPRESENTASI WANITA DALAM IKLAN KOPI SUSU YA! VERSI JULIA PEREZ

Main Authors: Anggraini, Rilisti, Heri, Sunaryanto, Dwi, Aji Budiman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1500/1/Skripsi%20Rilisti%20Anggraini%20%28D1E007016%29-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1500/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi wanita dalam iklan Kopi Susu Ya! Versi Julia Perez. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode analisis semiotika Roland Barthes sebagai pisau analisisnya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ideologi patriarki yang dikontruksikan dalam iklan Kopi Susu Ya versi Julia Perez melalui adegan- adegan dan visualisasi gambar. Penggunaan dan penggambaran yang dipaparkan iklan Kopi Susu Ya merupakan realitas mengenai kesetaraan perempuan dan laki- laki. Perempuan masih terbentuk dari kontruksi laki-laki sehingga definisi perempuan dibentuk dalam perspektif laki-laki. Patriarki mengkontruksikan identitas perempuan ideal adalah perempuan yang cantik, berkulit putih mulus, bertubuh langsing, seksi, sensual, berpayudara besar, bokong besar serta memiliki rambut lurus dan indah. Sehingga perempuan yang diluar definisi identitas ini dianggap perempuan yang tidak ideal dan tidak dilirik kebanyakan laki-laki.