STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELAKSANAAN BARIS BERBARIS PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB SISWA SDN 03 KOTA BENGKULU

Main Authors: Anggraini, Yulandri Despa, Lukman, Lukman, Yuliantini, Nani
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14944/1/PDF%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/14944/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan baris berbaris pendidikan kepramukaan dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa SDN 03 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis dan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SDN 03 Kota Bengkulu, yaitu siswa kelas IV Pramuka Siaga pada pelaksanaan pendidikan kepramukaan dengan model reguler. Instrumen penelitian ini dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), dan verifikasi data (Conclusion Drawing/ Verification). Uji kredibilitas data (Validitas Internal) atau kepercayaan terhadap data hasil penelitian ini dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan membercheck. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan baris berbaris pendidikan kepramukaan dalam membentuk karakter bertanggung jawab yang merupakan kegiatan rutinitas yang umum dilaksanakan pada tiap pertemuan, dan aspek yang menjadi indikator karakter bertanggung jawab yaitu: 1. menyerahkan tugas tepat waktu, 2. mengerjakan tugas sesuai petunjuk, dan 3. mengerjakan tugas berdasarkan hasil karya sendiri. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan baris berbaris pendidikan kepramukaan dalam membentuk karakter bertanggung jawab siswa SDN 03 Kota Bengkulu, telah muncul setiap aspek indikator karakter bertanggung jawab.