PENGARUH PENERAPAN METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 51 KOTA BENGKULU

Main Authors: Kartika, Yeyen, Wurjinem, Wurjinem, Hambali, Daimun
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14941/1/SKRIPSI%20YEYEN%20KARTIKA.pdf
http://repository.unib.ac.id/14941/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 51 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan The Matching Only PretestPosttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 51 Kota Bengkulu yang berjumlah 42 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling, sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas VB yang berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa lembar tes objektif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest. Data yang telah diperoleh, dianalisis melalui analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh hasil yaitu t 3,020 > t 2,021 pada taraf signifikan 5 %. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar kognitif siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 51 Kota Bengkulu. hitung tabel