STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 45 KOTA BENGKULU

Main Authors: Korniati, Yasi, Dadi, Sri, Yuliantini, Nani
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14935/1/SKRIPSI%20YASI%20KORNIATI_A1G013123.pdf
http://repository.unib.ac.id/14935/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru sebagai Motivator dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 45 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SDN 45 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi data, triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai motivator dalam pembelajaran IPS, terlihat guru sudah (1) Memperjelas tujuan yang ingan dicapai, (2) Meningkatkan minat siswa, (3) Menciptakan susasana yang menyenangkan dalam belajar, (4) Memberi pujian yang wajar setiap keberhasialan siswa, (5) Memberi penilaian, (6) Memberi komentar terhadap hasil pekerjaan siswa, (7) Ciptakan persaingan dan kerja sama. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran IPS ada beberapa yang sudah terlaksana dan ada yang belum terlaksana, tetapi dalam penggunaan metode pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran supaya kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan lebih optimal.