ANALISIS PROSES BIMBINGAN PELATIHAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LUAR BIASA (Studi Kasus Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu)
Main Authors: | Wanti Aulia , Chindya, Syuplahan , Gumay, Tamrin , Bangsu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/1489/1/Skripsi%20Chindya%20Wanti%20Aulia%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/1489/ |
ctrlnum |
1489 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/1489/</relation><title> ANALISIS PROSES BIMBINGAN PELATIHAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LUAR BIASA 
(Studi Kasus Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu) </title><creator> Wanti Aulia , Chindya</creator><creator>Syuplahan , Gumay</creator><creator>Tamrin , Bangsu</creator><subject>HV Social pathology. Social and public welfare</subject><description>Penelitian ini dilakukan di SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai Bagaimana Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa Pada Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sample bertujuan) dengan jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang dimana 5 orang berprofesi sebagai tenaga pengajar atau guru yang memberikan pengasuhan, bimbingan serta keterampilan terhadap siswa tunagrahita, kemudian 4 orang sebagai siswa tunagrahita yang mendapat bimbingan pelatihan keterampilan di SMK Luar Biasa Kota Bengkulu dan 4 orang lainnya sebagai orang tua siswa yang mengetahui perkembangan anak ketika di luar sekolah. Sumber yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa terdapat dua bimbingan yaitu bimbingan keterampilan hidup yang meliputi bimbingan fisik, bimbingan mental serta bimbingan sosial dan bimbingan keterampilan karir yang diberikan yaitu keterampilan tata busana, keterampilan tata boga dan keterampilan pertukangan kayu. Selain guru dan siswa, dalam prosesnya orang tua juga memiliki peran serta yang besar dalam mendukung siswa. 
</description><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unib.ac.id/1489/1/Skripsi%20Chindya%20Wanti%20Aulia%20FE-2.pdf</identifier><identifier> Wanti Aulia , Chindya and Syuplahan , Gumay and Tamrin , Bangsu (2012) ANALISIS PROSES BIMBINGAN PELATIHAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LUAR BIASA (Studi Kasus Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB. </identifier><recordID>1489</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wanti Aulia , Chindya Syuplahan , Gumay Tamrin , Bangsu |
title |
ANALISIS PROSES BIMBINGAN PELATIHAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LUAR BIASA
(Studi Kasus Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu) |
publishDate |
2012 |
topic |
HV Social pathology. Social and public welfare |
url |
http://repository.unib.ac.id/1489/1/Skripsi%20Chindya%20Wanti%20Aulia%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/1489/ |
contents |
Penelitian ini dilakukan di SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai Bagaimana Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa Pada Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sample bertujuan) dengan jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang dimana 5 orang berprofesi sebagai tenaga pengajar atau guru yang memberikan pengasuhan, bimbingan serta keterampilan terhadap siswa tunagrahita, kemudian 4 orang sebagai siswa tunagrahita yang mendapat bimbingan pelatihan keterampilan di SMK Luar Biasa Kota Bengkulu dan 4 orang lainnya sebagai orang tua siswa yang mengetahui perkembangan anak ketika di luar sekolah. Sumber yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa terdapat dua bimbingan yaitu bimbingan keterampilan hidup yang meliputi bimbingan fisik, bimbingan mental serta bimbingan sosial dan bimbingan keterampilan karir yang diberikan yaitu keterampilan tata busana, keterampilan tata boga dan keterampilan pertukangan kayu. Selain guru dan siswa, dalam prosesnya orang tua juga memiliki peran serta yang besar dalam mendukung siswa.
|
id |
IOS6175.1489 |
institution |
Universitas Bengkulu |
institution_id |
179 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu |
library_id |
1876 |
collection |
Repository Universitas Bengkulu |
repository_id |
6175 |
city |
KOTA BENGKULU |
province |
BENGKULU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6175 |
first_indexed |
2018-09-17T09:03:10Z |
last_indexed |
2018-09-17T09:03:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674557872096149504 |
score |
17.538404 |