ANALISIS PROSES BIMBINGAN PELATIHAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LUAR BIASA (Studi Kasus Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu)

Main Authors: Wanti Aulia , Chindya, Syuplahan , Gumay, Tamrin , Bangsu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1489/1/Skripsi%20Chindya%20Wanti%20Aulia%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1489/
ctrlnum 1489
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unib.ac.id/1489/</relation><title> ANALISIS PROSES BIMBINGAN PELATIHAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LUAR BIASA &#xD; (Studi Kasus Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu) </title><creator> Wanti Aulia , Chindya</creator><creator>Syuplahan , Gumay</creator><creator>Tamrin , Bangsu</creator><subject>HV Social pathology. Social and public welfare</subject><description>Penelitian ini dilakukan di SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai Bagaimana Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa Pada Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sample bertujuan) dengan jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang dimana 5 orang berprofesi sebagai tenaga pengajar atau guru yang memberikan pengasuhan, bimbingan serta keterampilan terhadap siswa tunagrahita, kemudian 4 orang sebagai siswa tunagrahita yang mendapat bimbingan pelatihan keterampilan di SMK Luar Biasa Kota Bengkulu dan 4 orang lainnya sebagai orang tua siswa yang mengetahui perkembangan anak ketika di luar sekolah. Sumber yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa terdapat dua bimbingan yaitu bimbingan keterampilan hidup yang meliputi bimbingan fisik, bimbingan mental serta bimbingan sosial dan bimbingan keterampilan karir yang diberikan yaitu keterampilan tata busana, keterampilan tata boga dan keterampilan pertukangan kayu. Selain guru dan siswa, dalam prosesnya orang tua juga memiliki peran serta yang besar dalam mendukung siswa. &#xD; </description><date>2012</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unib.ac.id/1489/1/Skripsi%20Chindya%20Wanti%20Aulia%20FE-2.pdf</identifier><identifier> Wanti Aulia , Chindya and Syuplahan , Gumay and Tamrin , Bangsu (2012) ANALISIS PROSES BIMBINGAN PELATIHAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LUAR BIASA (Studi Kasus Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB. </identifier><recordID>1489</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wanti Aulia , Chindya
Syuplahan , Gumay
Tamrin , Bangsu
title ANALISIS PROSES BIMBINGAN PELATIHAN KETERAMPILAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN LUAR BIASA (Studi Kasus Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu)
publishDate 2012
topic HV Social pathology. Social and public welfare
url http://repository.unib.ac.id/1489/1/Skripsi%20Chindya%20Wanti%20Aulia%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1489/
contents Penelitian ini dilakukan di SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai Bagaimana Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa Pada Siswa Tunagrahita SMK Luar Biasa Negeri Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling (sample bertujuan) dengan jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang dimana 5 orang berprofesi sebagai tenaga pengajar atau guru yang memberikan pengasuhan, bimbingan serta keterampilan terhadap siswa tunagrahita, kemudian 4 orang sebagai siswa tunagrahita yang mendapat bimbingan pelatihan keterampilan di SMK Luar Biasa Kota Bengkulu dan 4 orang lainnya sebagai orang tua siswa yang mengetahui perkembangan anak ketika di luar sekolah. Sumber yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Proses Bimbingan Pelatihan Keterampilan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa terdapat dua bimbingan yaitu bimbingan keterampilan hidup yang meliputi bimbingan fisik, bimbingan mental serta bimbingan sosial dan bimbingan keterampilan karir yang diberikan yaitu keterampilan tata busana, keterampilan tata boga dan keterampilan pertukangan kayu. Selain guru dan siswa, dalam prosesnya orang tua juga memiliki peran serta yang besar dalam mendukung siswa.
id IOS6175.1489
institution Universitas Bengkulu
institution_id 179
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Bengkulu
library_id 1876
collection Repository Universitas Bengkulu
repository_id 6175
city KOTA BENGKULU
province BENGKULU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6175
first_indexed 2018-09-17T09:03:10Z
last_indexed 2018-09-17T09:03:10Z
recordtype dc
_version_ 1674557872096149504
score 17.538404