PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM “MAHI RA BEBAS SAMPAH” DI SEKOLAH DASAR ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU
Main Authors: | NINSIH, TRI ROSTIA, Winarni, Endang Widi, Karjiyati, Victoria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14882/1/SKRIPSI%20TRI%20ROSTIA%20NINSIH%20%28A1G013090%29.pdf http://repository.unib.ac.id/14882/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui program Mahira Bebas Sampah di SD Alam Mahira Kota Bengkulu yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa SD Alam Mahira Kota Bengkulu. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . Pengujian keabsahan data menggunakan, ketekunan, triangulasi teknik, triangulasi sumber dan member check. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tahap perencanaan program Mahira Bebas Sampah meliputi penyusunan program kerja Mahira Bebas Sampah, penyususnan jadwal kegiatan, dan penyususnan anggaran dana dan sumber dana kegiatan. (2) Pelaksanaan program Mahira Bebas Sampah menggunakan strategi pembiasaan melalui pengkondisian, kegiatan rutin, terprogram, spontan dan keteladanan. Proram-program yang dilaksanakan di antaranya memberikan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan, kebersihan harian dan bulanan, penyediaan fasilitas kebersihan, memisahkan sampah organik dan anorganik, dan pemanfaatan sampah menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat. (3) Evaluasi program Mahira Bebas Sampah terhadap siswa-siswa SD Alam Mahira yaitu diintegrasikan pada penilaian sikap di raport perkembangan masing-masing siswa. Kesimpulannya yaitu pendidikan karakter peduli lingkungan program Mahira Bebas Sampah pelaksanaannya melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan Penilaian.