ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP USAHA BENIH PADI CIGEULIS DI BALAI BENIH INDUK PADI DAN PALAWIJA (BBIPP) DI KABUPATEN KEPAHIANG, PROVINSI BENGKULU

Main Authors: Patimah, Siti, Priyono, Basuki Sigit, Rasyid, Witman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14881/1/Skripsi%20Siti%20Patimah.pdf
http://repository.unib.ac.id/14881/
Daftar Isi:
  • Balai Benih Induk Padi dan Palawija yang berada di Kabupaten Kepahiang merupakan salah satu pusat perbenihan yang berupa institusi lembaga untuk maksud dan tujuan menjadi mediator dan motivator bahkan fasilisator. Pelayanan yang diberikan oleh manajement Balai Benih Induk Padi dan Palawija tersebut antara benih yang satu dengan benih yang lain sama, akan tetapi permintaan akan benih Cigeulis banyak sehinggga pelayanan yang dibutuhkan sangat mempengaruhi kepentingan petani. Selain di balai benih, para petani membeli benih padi di para penangkar benih yang berada dibawah pengawasan Balai Benih Induk Padi dan Palawija. Kepuasan pelanggan merupakan evaluasi purnajual dimana alternative yang dipilih sekurang-kurangnya sama atau melebihi harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan timbul apabila hasil (outcome) tidak memenuhi harapan. sehingga faktor-faktor yang menentukan tinggi-rendahnya tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen suatu merek tersebut adalah kualitas produk, service quality, harga, emotional faktor, dan kemudahan untuk mendapatkan produk atau jasa. Dimensi kualitas jasa diantaranya responsiveness, reliability, empathy, assurance dan tangible. Penelitian ini dilakukan padi di Balai Benih Induk Padi dan Palawija (BBIPP) di Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kualitas pelayanan benih padi Cigeulis di Balai Benih Induk Padi dan Palawija dan tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan benih padi Cigeulis. Metode penentuan responden mengggunakan metode acak sederhana (Simple Random Sampling). Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Perpomance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan dan Customer Satisfaction index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Determinan kualitas jasa yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap pelayanan benih padi Cigeulis di Balai Benih Induk Padi dan Palawija dari keenam dimensi tingkat kualitas pada tingkat kinerja sangat baik. Tingkat kepuasan konsumen yang berdasarkan perhitungan tingkat kesesuaian (T ki ) diperoleh nilai tingkat kesesuaian rata-rata sebesar 101,05%. Atribut di atas setelah dicari dengan rumus tingkat kesesuaian maka didapat nilai yang berbeda antara atribut satu dengan atribut yang lainnya yaitu pada nilai berkisaran 89,73% sampai dengan 109,24%, dan nilai rata-rata tingkat kinerja