KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BAHAN AJAR SEJARAH PERJUANGAN RAKYAT BENGKULU PADA MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 49 KOTA BENGKULU

Main Authors: Afrianti, Titin, Wurjinem, Wurjinem, Kustianti, Sri Ken
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14878/1/TITIN%20AFRIANTI%20PDF.pdf
http://repository.unib.ac.id/14878/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memahami bahan ajar sejarah perjuangan rakyat Bengkulu pada mata pelajaran muatan lokal pada 3 aspek hasil belajar sejarah yaitu kecakapan akademik (kognitif), kesadaran sejarah (afektif), sikap nasionalisme (afektif). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode deskriptif dan teknik persentase. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA yang berjumlah 23 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa soal obyektif dan lembar pengamatan/observasi.teknik analisis data dengan penskoran pada tes pilihan ganda dan penskoran pada lembar pengamatan/observasi kemudian di deskripsikan. Dari hasil penelitian bahwa siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 49 Kota Bengkulu mampu memahami bahan ajar sejarah perjuangan rakyat Bengkulu dengan rata-rata 68,11% dalam memahami bahan ajar sejarah perjuangan rakyat Bengkulu pada mata pelajaran muatan lokal. Namun jika dilihat dari ketuntasan siswa kelas VA belum dikatakan tuntas, karena berdasarkan penilaian acuan patokan siswa dinyatakan tuntas apabila mendapat nilai lebih dari 65 sebanyak 75-80%. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan yang sudah diperoleh pada aspek kecakapan akademik (kognitif) sebanyak 12 orang siswa (52,17%) mampu memahami bahan ajar sejarah perjuangan rakyat Bengkulu, Sebanyak 16 orang siswa (69,56%) memiliki sikap kesadaran sejarah. Dan untuk sikap nasionalisme sebanyak 19 orang siswa (82,60%) mampu memiliki sikap nasionalisme.