STRATEGI PEMASARAN CPO (CRUDE PALM OIL) PT SANDABI INDAH LESTARI DI KABUPATEN BENGKULU UTARA
Main Authors: | Maikuri, Popi, Badrudin, Redy, Sumantri, Bambang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14877/1/Skripsi%20Popi%20Maikuri.pdf http://repository.unib.ac.id/14877/ |
Daftar Isi:
- PT Sandabi Indah Lestari merupakan salah satu perusahaan besar swasta (PBS) yang terletak di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. PT Sandabi Indah Lestari mempunyai kebun di Lubuk Banyau seluas 2700 Ha. Kapasitas pabrik pada saat ini 45 ton/jam Tandan Buah Segar (TBS). Perusahaan ini bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit dan pengolahan tandan buah segar kelapa sawit. Produk olahan yang dihasilkan adalah minyak kelapa sawit (CPO) dan inti sawit (kernel). CPO yang diproduksi kemudian dipasarkan kepada industri hulu yang membutuhkan CPO sebagai bahan bakunya dengan sistem lelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman bagi pemasaran CPO pada PT Sandabi Indah Lestari, memformulasikan alternatif strategi yang tepat bagi pemasaran CPO di PT Sandabi Indah Lestari, dan mencari strategi priotiasnya. Metode yang digunakan yaitu IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation), matriks SWOT dan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Faktor-faktor yang sudah teridentifikasi kemudian dimasukkan ke matriks IFE dan EFE untuk mengetahui bobot dan rating dari masing-masing faktor. Faktor internal yang sudah terseleksi berdasarkan nilai skor bobot yang diperoleh pada faktot kekuatan yaitu kualitas tenaga kerja. Faktor kelemahan yaitu ketersediaan bahan baku dari kebun sendiri,. Sedangkan untuk faktor eksternal pada peluang yaitu kepercayaan pelanggan, permintaan CPO. Faktor kelemahannya yaitu adanya perusahaan pesaing. Pada matriks SWOT didapatkan 11 alternatif strategi yang kemudian dimasukkan ke matriks QSPM untuk mendapatkan strategi utama untuk diterapkan. Strategi yang didapatkan pada matriks QSPM yaitu pengembangan pasar CPO berbasis ICT ((Information Communication Technology).