PENGARUH PENERAPAN METODE KARYAWISATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Oktaviana, Tika, Wurdjinem, Wurdjinem, Tarmizi, Pebrian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14873/1/skripsi_A1G013069_Tika%20Oktaviana.pdf http://repository.unib.ac.id/14873/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 74 Kota Bengkulu berjumlah 137 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling atau pengacakan sederhana, sehingga diperoleh kelas IVA yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas IVB yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes Pretest-Posttest sebanyak 25 soal obyektif. Data yang telah diperoleh, dianalisis melalui analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh hasil yaitu t hitung 2,315 > t tabel 2,00 pada taraf signifikan 5% artinya hipotesis alternatif Ha diterima dan H ditolak. Artinya, terdapat Pengaruh Penerapan Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 74 Kota Bengkulu.