PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATERI DAUR AIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 59 BENGKULU
Main Authors: | Nerawati, Sukma, Dalifa, Dalifa, Yusuf, Syahril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14862/1/SKRIPSI%20SUKMA%20ok.pdf http://repository.unib.ac.id/14862/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Melalui Metode Eksperimen Pada Materi Daur Air Terhadap Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif, Afektif, Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPA kelas V SDN 59 Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimental dengan desain The Matching Only PretestPosttest Control Group Design yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 59 Bengkulu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 59 Bengkulu berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga diperoleh kelas VA yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas VB yang berjumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas VA SDN 51 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen. Instrumen penelitian berupa lembar tes dan lembar observasi. Berdasarkan uji hipotesis uji-t dua sampel independen, diperoleh bahwa: terdapat pengaruh hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning melalui metode eksperimen dengan pendekatan konvensional.