PENGARUH KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 42 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Minarti, Sherli, Hasnawati, Hasnawati, Lusa, Herman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14857/1/SKRIPSI%20SHERLI%20MINARTI.pdf http://repository.unib.ac.id/14857/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar pada pelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri 42 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design dan jenis desain One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 42 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket komunikasi guru dan angket motivasi belajar siswa yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest pada angket komunikasi guru (89,92) dan motivasi belajar siswa (88,69) lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest angket komunikasi guru sebesar (77,08) dan angket motivasi belajar siswa sebesar (79,08). Hasil uji-t pada angket komunikasi guru dengan thitung (9,77) > ttabel (2,042). Dan Hasil uji-t pada angket motivasi belajar siswa dengan thitung (8,34) > ttabel (2,042). Nilai thitung yang diperoleh pada angket komunikasi guru dan motivasi belajar siswa lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar pada pelajaran PKn siswa kelas V SD Negeri 42 Kota Bengkulu.