PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SDN 71 KOTA BENGKULU

Main Authors: WIRACHMAN, RONY, Djuwita, Puspa, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14851/1/Skripsi%20Pdf.pdf
http://repository.unib.ac.id/14851/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V SDN 71 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan metode True eksperimen dengan desain penelitian The Posttest-Only Control Group Design menggunakan tehnik Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 71 Kota Bengkulu berjumlah (89) siswa. Dengan sampel siswa kelas VB berjumlah (30) siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VC berjumlah (30) siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice yang diberikan melalui posttest. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t dengan t sebesar 3,53 dan nilai t tabel hitung 2,00. Jadi dengan t hitung (3,53) > t tabel taraf signifikan 5% (2,00). Nilai t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel maka dapat disfimpulkan bahwa Ha diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 71 Kota Bengkulu.