FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMBELIAN GULA PASIR CURAH PADA RUMAH TANGGA DI KOTA BENGKULU

Main Authors: Muharoroh, Hasanah, Priyono, Basuki Sigit, Asriani, Putri Suci
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14846/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/14846/
Daftar Isi:
  • Di Kota Bengkulu gula pasir curah tercatat sebagai salah satu dari sembilan bahan pokok dengan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh terutama sebagai sumber energi (nilai kalori)disamping bahan pemanis. Hal ini berarti bahwa gula pasir adalah salah satu dari sembilan bahan pokok yang dikonsumsi setiap harinya oleh seluruh masyarakat di Kota Bengkulu, baik dalam penggunaan rumah tangga ataupun industri makanan dan minuman, terlebih lagi menjelang hari besar keagamaan dari awal - akhir tahun. Sehingga perubahan terhadap permintaan dan harga terhadap gula pasir dapat memberikan dampak bagi kehidupan sosial masyarakatnya. Meskipun produk gula pasir bermerek kian marak di pasaran Kota Bengkulu, namun masih tergolong tinggi konsumen yang memilih gula pasir curah untuk dikonsumsi. Dengan adanya alasan tersebut, peneliti pun memilih gula pasir curah untuk dijadikan objek dalam penelitian ini. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian gula pasir curah pada rumah tangga di Kota Bengkulu. Faktor pertama yang berpengaruh pada tingkat pembelian gula pasir curah pada rumah tangga di Kota Bengkulu adalah stimulus pemasaran. Stimulus pemasaran disini meliputi harga dan produk. Faktor kedua yaitu berasal dari konsumen meliputi motivasi, pengalaman, serta karakteristik konsumen (umur, pendidikan, pendapatan rumah tangga, pengeluaran rumah tangga, dan jumlah tanggungan keluarga). Pengaruh yang ketiga respon konsumen yaitu hasil akhir dari proses keputusan konsumen sehingga terjadi adanya tingkat pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Atribut gula pasir terkait harga, aroma, rasa dan warna diduga salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pembelian konsumen terhadap gula pasir curah di Kota Bengkulu. Hal ini kemudian menjadi pertimbangan yang lebih lanjut, sehingga untuk tetap memasukkan atribut harga, aroma, rasa dan warna menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi, maka akan dilihat dari persepsi konsumennya terhadap gula pasir curah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1). Untuk menghitung besarnya tingkat pembelian gula pasir curah pada rumah tangga di Kota Bengkulu. 2). Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian gula pasir curah pada rumah tangga di Kota Bengkulu. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja dengan penentuan sampel menggunakan teknik area sampling. Penarikan responden dilakukan secara Accidental. Data dikumpulkan dari kuisioner yang diberikan langsung kepada konsumen gula pasir curah yang dijadikan sampel dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ratarata jumlah pembelian gula pasir curah pada rumah tangga di Kota Bengkulu adalah sebesar 6,10 Kg/rumah tangga/bulan. Berdasarkan metode analisis regresi linear berganda yang diturunkan dengan metode kuadrat terkecil (Ordinary Least Square), faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pembelian gula pasir curah pada rumah tangga di Kota Bengkulu adalah (1) pendapatan rumah tangga berpengaruh signifikan negatif (X ) ; (2)pengeluaran rumah tangga berpengaruh signifikan positif (X ) ; (3) jumlah tanggungan keluarga berpengaruh signifikan positif ( X ). 5 4 3