STUDI DESKRIPTIF PERMASALAHAN PEMBELAJARAN PKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS V SD 12 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Andita, Resi, Djuwita, Puspa, Hasnawati, Hasnawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14835/1/SKRIPSI%20RESI%20ANDITA.pdf http://repository.unib.ac.id/14835/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasahalan pembelajaran PKn dalam membentuk karakter siswa kelas V SD 12 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif naturalistik. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD 12 Kota Bengkulu. Simpulan penelitian ini adalah : (1) Guru belum mengembangkan kurikulum sendiri karena tidak mempunyai waktu dan kurang memahami pembuatan silabus dan RPP yang sesuai dengan perkembangan kurikulum. (2) Siswa kurang memahami materi yang diberikan oleh guru karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak mengembangkan materi pembelajaran yang berbasis kontekstual, materi hanya bdari buku lks siswa membuat siswa kurang memperhatikan guru ketika pembelajaran berlangsung. (3) Ukuran ruangan kelas belum mendukung sepenuhnya kegiatan pembelajaran.