PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 82 KOTA BENGKULU

Main Authors: Irawan, Rendi, Hasnawati, Hasnawati, Hambali, Daimun
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14833/1/RENDI%20IRAWAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/14833/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 82 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quashy experience, dengan menggunakan desain ‘matching only pret est -p ostt est contro l group design’ , yakni adanya perlakuan yang berbeda di kelas kontrol dan kelas eksperimen, untuk melihat kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 82 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 26 dan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 26. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar test pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (uji-t). Diketahui berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas kontrol sebesar 66 dan pada kelas eksperimen 74,9. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t diperoleh t sebesar 13,3 dan t hitung tabel sebesar 1,70. Jadi dengan t hitung (13,3) > t tabel ( 1,70) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf 5% pada penggunaan media pembelajaran audiovisual terhadap kemampuan dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas V SDN 82 Kota Bengkulu.