PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 19 KOTA BENGKULU

Main Authors: Aprilia, Putri, Resnani, Resnani, Dadi, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14809/1/PUTRI%20APRILIA%20SKRIPSI%20%28A1G013102%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/14809/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menyimak cerita anak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 19 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode eksperimen dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SDN 19 Kota Bengkulu, sampel penelitiannya siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes isian singkat pada aspek kognitif. Berdasarkan hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh hasil t 2,256 > t hitung tabel 1,993. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap kemampuan menyimak cerita anak pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 19 Kota Bengkulu.