PENGARUH MENDONGENG DENGAN METODE STORYTELLING GAMES TERHADAP SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA KELAS V SDN 49 KOTA BENGKULU

Main Authors: Hariana, Osse Ayunengtias, Muktadir, Abdul, Lusa, Herman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14797/1/SKRIPSI%20Osse%20Ayuengtias%20H.%20%28A1G013010%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/14797/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mendongeng dengan metode storytelling games terhadap sikap peduli sosial siswa kelas V SDN 49 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quaisy Eksperimen Design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Group Design. Pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V di SDN 49 Kota Bengkulu, dimana kelas V A sebagai kelas kontrol dan kelas V B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata pretest pada kelompok kontrol sebesar 52,55 dan kelompok eksperimen sebesar 54,75. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 65,00 dan nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 51,30. Hasil uji-t posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung sebesar 4,419 dan t tabel 2,024. Jadi t hitung (4,419) > t tabel (2,024). Nilai t hitung yang diperoleh lebih tinggi dari t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mendongeng dengan metode storytelling games terhadap sikap peduli sosial siswa kelas V SDN 49 Kota Bengkulu.