STUDI DESKRIPTIF PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 12 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Yani, Novi, Dadi, Sri, Yusuf, Syahril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14788/1/SKRIPSI_NOVI_YANI_A1G013066.pdf http://repository.unib.ac.id/14788/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 12 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas V SDN 12 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai fasilitator dalam pembelajaran IPS, terlihat guru sudah (1) Melibatkan siswa sebagai subjek pembelajaran, (2) Menguasai bidang ilmu yang akan dipelajari, (3) Menarik dan memelihara minat siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa peran guru sebagai fasilitator pada pembelajaran IPS sudah terlaksana, tetapi dalam penggunaan metode pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran harus ditingkatkan kembali supaya kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan lebih optimal.