STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DAN MEDIA KONKRET DI KELAS V SDN 52 KOTA BENGKULU

Main Authors: Ningtyas, Ningtyas, Gunawan, Ansyori, Hambali, Daimun
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14786/1/word%20skripsi%20ningtyas.pdf
http://repository.unib.ac.id/14786/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar melalui pemanfaatan media gambar dan media konkret, serta untuk mengetahui media pembelajaran mana yang lebih efektif untuk digunakan pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN 52 Kota Bengkulu. Penilitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Jenis Desain Penelitian adalah Matching Pretest-Posttest Comparison Group Design. Pada desain ini dilakukan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 52 kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang terpilih yakni kelas VA sebagai kelas eksperimen 1, dan kelas VC sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes isian singkat yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlagsung). Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan statistik inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t nilai t hitung sebesar 1,73> t sebesar 1,67 pada taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas V SDN 52 Kota Bengkulu pada pembelajaran matematika antara siswa yang menggunakan media gambar dengan siswa yang menggunakan media konkret. tabel