ANALISIS KODE ETIK PERIKLANAN PADA IKLAN OPERATOR SELULER KARTU AS

Main Authors: Fauzi , Liska , Machyudin, Agung Harahap, Yudisiani,, Yudisiani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/1475/1/LISKA%20F%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/1475/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menjelaskan hal-hal yang dilanggar dalam tayangan iklan telepon seluler kartu As di televisi swasta nasional terhadap kode etik periklanan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan menguraiankan pelanggaran kode etik periklanan dalam tayangan iklan operator seluler kartu As di televisi swasta. Objek penelitiannya adalah iklan operator seluler kartu As dengan tema “kapok dibo’ongin anak kecil” sebagai iklan pertama dan tema tarif murah” sebagai iklan kedua. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana peneliti akan mengamati isi dari iklan 1 dan iklan 2. Kemudian dibandingkan dengan kode etik periklanan yang diatur dalam kitab Etika Pariwara Indonesia (EPI). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam iklan 1 dan iklan 2 terdapat pelanggaran kode etik yang tidak sesuai dengan kitab EPI. Dari kedua iklan tersebut, ada 6 pelanggaran kode etik periklanan yang ditemukan, yaitu penggunaan kata superlatife, penggunaan tanda asteris(*), merendahkan produk lain, terjadi peniruan, pemakaian kata “gratis” dan pencantuman harga yang kurang jelas.