PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Afrianti, Melda, Dadi, Sri, Gunawan, Ansyori |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14743/1/SKRIPSI%20MELDA%20A%20pdf.pdf http://repository.unib.ac.id/14743/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD negeri 74 kota bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VD sebagai kelas ekperimen dan siswa VC sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistic inferensial yaitu uji-t. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t (2,15) > t (1,99) pada taraf signifikan 5%. Nilai t hitung hitung tabel yang diperoleh lebih besar dari nilai t maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing tabel terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 74 Kota Bengkulu.