HUBUNGAN KESULITAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS 21 KECAMATAN RATU AGUNG

Main Authors: Yanti, Marince Fitri, Djuwita, Puspa, Lukman, Lukman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14741/1/Skripsi%20Marince%20Fitri%20Yanti%20PGSD%20%28A1G013050%29.pdf
http://repository.unib.ac.id/14741/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kesulitan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus 21 Kecamatan Ratu Agung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri Segugus 21 Kecamatan Ratu Agung dan sampel dalam penelitian ini adalah 39 siswa SD Kelas V yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian dan teknik pengumpulan data menggunakan pernyataan skala likert dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai r = 0.572 lebih besar dari r tabel = 0,316, dengan KP = 32,7%, dan t hitung hitung = 4,231. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang positif antara kesulitan belajar dengan prestasi siswa kelas V SD Negeri Se-Gugus 21 Kecamatan Ratu Agung. Jika kesulitan belajar kecil maka prestasi belajar siswa meningkat.