PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN KOTA BENGKULU

Main Authors: Apriyanti, Lisa, Gunawan, Ansyori, Noperman, Feri
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14729/1/SKRIPSI%20LISA%20APRIYANTI%20A1G013037.pdf
http://repository.unib.ac.id/14729/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di SD Negeri 51 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, dimana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelas sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN kota bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV A SD Negeri 51 Kota Bengkulu. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar berbentuk soal essay yang diberikan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen adalah 68,92 dan pada kelompok kontrol adalah 50,43. Hasil uji-t posttest pada kelompok kontrol dengan eksperimen menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 2,263 lebih besar daripada nilai t tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,011, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh permainan ular tangga terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di SD Negeri 51 Kota Bengkulu.