PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B SD NEGERI 04 KOTA BENGKULU

Main Authors: Sari, Intan Purnama, Wurjinem, Wurjinem, Lusa, Herman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14721/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/14721/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswadengan Pendekatan Scientific melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (classroom Action Research)yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVBSDN 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2015/2016. Instrument yang digunakanterdiri dari lembar observasi guru dan siswa, pengamatan sikap dan keterampilan. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar35,5 dengan criteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 42,0 dengan criteria baik. Pada siklus 1 diperoleh nilai ratarata observasi siswa sebesar 34,0 dengan criteria cukup, pada siklus II meningkat menjasi 43,0 dengan criteria baik. Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikalpada siklus I sebesar 56,5 % dengan nilai rata-rata 70,7 pada siklus II meningkat menjadi 78,2 % dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 82,0. Untukpengamatan sikap pada siklus 1 dengan perolehan kategori baik sebanyak 17 siswa dengan rata-rata skor 9,0 termasuk dalam kategori cukup dan pada siklus II sebanyak 17 siswa dalam kategori baik dengan rat-rata skor meningkat menjadi 9,6. Demikian pula untuk pengamatan keterampilan pada siklus I dengan perolehan kategori baik sebanyak 10 siswa dengan rata-rata skor 7,3, termasukdalam criteria cukup, dan pada siklus II meningkat sebanyak 18 siswa dan nilai rata-rata mencapai 9,4 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disippulkan bahwa penerapan Pendekatan Scientific melalui Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada PembelajaranTematik kelas IV B SD Negeri 04 Kota Bengkulu.