PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 42 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Yulanda, Helmi Nopita, Gunawan, Ansyori, Lusa, Herman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14709/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/14709/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 42 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen Desian, dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 42 Kota Bengkulu yang berjumlah 117 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Cluster random sampling atau pengacakan sederhana sebelumnya dilakukan uji Bartlett untuk menentukan homogenitas, sehingga diperoleh kelas VB yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen, kelas VC yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa lembar tes objektif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest. Data yang telah diperoleh, dianalisis melalui analisis deskriptif, uji prasyarat, dan analisis inferensial. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh hasil yaitu t pada taraf signifikan 5% hitung 3,41 > t tabel 2,00 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 42 Kota Bengkulu.