PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIKTERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD NEGERI 49 KOTA BENGKULU

Main Authors: Hamidah, Hamidah, Resnani, Resnani, Lukman, Lukman
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14706/1/SKRIPSI%20HAMIDAH%20A1G013023.pdf
http://repository.unib.ac.id/14706/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V di SD Negeri 49 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitiannya adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu dilakukan sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 43 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu VB sebagai kelas eksperimen dan VA sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian (esai). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t hitung sebesar 2,39 dan nilai t tabel sebesar 2,019 dengan taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukan bahwa nilai t hitung = 2,39 ˃ t tabel = 2,019 dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V di SD Negeri 49 Kota Bengkulu.