PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 52 KOTA BENGKULU

Main Authors: Samosir, Fierda Familea, Kustianti, Sri Ken, Yuliantini, Nani
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14700/1/SKRIPSI%20FIERDA%20FAMILEA%20A1G013084.pdf
http://repository.unib.ac.id/14700/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experiment, dengan menggunakan desain ‘the matching only pretest-post test contro l group design’ , di mana adanya perlakuan yang berbeda di dua kelas, untuk melihat perbedaan kemampuan menulis puisi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 52 Kota Bengkulu yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 26 dan VC sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 28. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes uraian menulis puisi yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (uji-t). Diketahui berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen sebesar 73,73 dan pada kelas kontrol sebesar 66,50. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh t hitung sebesar 2,89 dan t tabel sebesar 2,0. Jadi dengan t (2,89) > t 2,0) maka dapat disimpulkan tabel ( hitung bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran CTL terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 52 Kota Bengkulu.