ANALISIS TINDAK TUTUR PERLOKUSI PADA IKLAN DI TELEVISI
Main Authors: | Asmalini, Asmalini, Ngudining, Rahayu, Supadi, Supadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14694/1/SKRIPSI%20PDF.pdf http://repository.unib.ac.id/14694/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur perlokusi pada tiap-tiap produk iklan komersial di televisi, dan mendeskripsikan hasil analisis makna dari konteks tindak tutur perlokusi sesuai penggunaannya pada iklan di televisi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan tindak tutur perlokusi. Sumber data dalam penelitian adalah rekaman iklan komersial di televisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode simak, teknik rekam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan terhadap analisis bentuk tindak tutur perlokusi pada iklan komersial di televisi dapat disimpulkan bahwa bentuk tindak tutur perlokusi dalam iklan berupa bentuk kalimat sesuai dengan fungsinya yang meliputi: (1) bentuk kalimat berita (deklaratif), bentuk kalimat tanya (interogatif), dan bentuk kalimat perintah (imperatif). Tindak tutur sesuai dengan konteks penggunaannya pada iklan di televisi lebih menekankan pada makna meyakinkan, memperdayakan, menganjurkan, dan menarik perhatian para calon pembeli atau konsumen. Hal ini sesuai dengan data iklan komersial yang lebih didominasi oleh iklan produk konsumsi. Kata Kunci : Iklan, Tindak Tutur Perlokusi, Kalimat, Makna.