Pengaruh Pembelajaran Outdoor Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu

Main Authors: Fatinah, Farial, Wurjinem, Wurjinem, Hasnawati, Hasnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14674/1/SKRIPSI%20FARIAL%20FATINAH%20%28A1G013070%29%20PGSD%20FKIP%20UNIB.pdf
http://repository.unib.ac.id/14674/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran outdoor terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain the matching only Pretest-Posttest group Design, dimana pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan (treatment) pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri 11 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji-t, diperoleh nilai t hitung 1,78 lebih besar dari t tabel 1,67 pada taraf signifikan 5%. Maka dari data yang diperoleh hipotesis yang diajukan diterima. Dapat dilihat dari nilai rata-rata postest kelas eksperimen (IVA) sebesar 81,85 dan kelas kontrol (IVB) sebesar 72,89. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran outdoor terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 11 Kota Bengkulu.