PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI DI KELAS IV SDN 68 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Harahap, Eti Rahayu, Yuliantini, Nani, Wurjinem, Wurjinem |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/14670/1/ETI%20RAHAYU%20HARAHAP%20SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/14670/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi di kelas IV SDN 68 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experiment, dengan menggunakan desain ‘matching only pr etest -p ostt est control group design’ , ada perlakuan yang berbeda di dua kelas, untuk melihat perbedaan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 68 Kota Bengkulu yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dan diperoleh IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 dan IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian yang diberikan melalui pretest (sebelum pembelajaran berlangsung) dan posttest (setelah pembelajaran berlangsung). Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (uji-t). Diketahui berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 81,59 dan pada kelas kontrol 71,66. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh t hitung sebesar 6,168 dan t tabel sebesar 2,00. Berarti H a diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadp kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi di kelas IV SDN 68 Kota Bengkulu.