PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY AND REPETITION (AIR) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 3 SMAN 1 BENGKULU TENGAH

Main Authors: Kurniawan, Muchlis Mawar Yuli, Amrul, Bahar, Wiwit, Wiwit
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14659/1/SKRIPSI%20MUCHLIS%20MAWAR%20YULI%20KURNIAWAN.pdf
http://repository.unib.ac.id/14659/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition (AIR) mengalami peningkatan.Berikut data aktivitas dan hasil belajar siswa: untuk aktivitas siswa pada siklus I: 30 dengan kategori cukup, siklus II: 35 dengan kategori baik, dan siklus III: 37,5 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 65, daya serap klasikal 81, 25%, dan ketuntasan belajar 66,67% termasuk kriteria belum tuntas. Pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 77,31, daya serap klasikal 88,86%, dan ketuntasan belajar 72,41%. Pada siklus III dengan nilai rata-rata sebesar 81,87, daya serap klasikal 90,97% dan ketuntasan belajar 90,32% termasuk kriteria tuntas.