PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Main Authors: Febriani, Dian, Resnani, Resnani, V. Karjiyati, V. Karjiyati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/14645/1/SKRIPSI_DIAN_FEBRIANI_%28A1G013053%29.PDF
http://repository.unib.ac.id/14645/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskriptif Siswa Kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy experience, dengan menggunakan desain ‘m atching only pretest-post test contro l group design’ . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis karangan deskriptif. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 75,56 dan pada kelas kontrol 71,40. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh t yaitu 2,552 lebih besar dibanding t yaitu 2,021 berarti H a hitung tabel diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi PAKEM terhadap kemampuan menulis karangan deskriptif siswa kelas IV SD Negeri 52 Kota Bengkulu.